Friday, November 15, 2013

Pengalaman Interview Garuda Indonesia 2013

Holla Hi Awesome bloggers!

Post ini bertujuan untuk share my very first pengalaman gue ketika walk in interview / test Garuda Indonesia Airlines, kali aja post ini bisa membantu para wannabes di luar sana yang eager banget untuk join :) and yeah anyway this is the prequel part 1 post of Masa-masa itu lebih tepatnya perjalanan sebelum gue memutuskan resign dari kantor gue yang pertama. So just enjoy :)).


# Online Registration
Yup! sebelum lo memutuskan untuk mendatangi lokasi walk in interview, ada baiknya kalian mendaftarkan diri dulu secara online di website garuda. To be honest gue lupa waktu itu gimana gue bisa nyasar ke lembar pendaftaran pramugari tapi kalian bisa google kok. Tujuan kalian daftar secara online, biar pas dateng ke lokasi interview nama kalian sudah resmi terdaftar dan ada di data base, dan kalian bisa lebih didahulukan untuk masuk ruangan interview (trust me lo mau duluan masuk, karena its freakin long waiting line), tapi kalau emang nggak ngerti juga, kalian bisa daftar on the spot/ daftar online di lokasi secara langsung :).

# Tinggi dan Berat Badan Check
Ketika gue dateng jam 8 pagi di GITC/Garuda Indonesia Training Center di daerah Kosambi (sesuai tertera di agenda walk in interview) gue cukup kaget karena dapet nomor urut 400 sekian :O whaaaaaatttt  alhasil gue nunggu sekitar dua jam (sambil makan di warteg depan). Akhirnya nomor antrian gue dipanggil masuk, disini simpel banget ketika lo masuk dan sudah mendaftar online lo akan diberikan nomor dada, kemudian disuruh meletakan tas bawaan lo disuatu tempat dan melepaskan heels lo dan cukup berbaris di depan pengukur tinggi badan. Tinggi badan gue yang biasanya diukur di RS 161cm disini jadi 159 cm! agak shock cuma gue masih tembus secara persyaratan (minimal 158 cm), kemudian dilanjutkan pengukuran berat badan, dan hasilnya gue passed :) fyi disini sistem gugur, kalo kalian overweight or underweight dan kalian tingginya tidak minimal 158 cm atau terlalu tinggi lebih dari 173cm (kalau nggak salah) you've gotta let go :/ tapi nggak ada salahnya mencoba kok ;)

# Appearance/Performance check
Masih dihari yang sama (kalau lolos TB+BB check) kalian akan langsung diisyaratkan untuk performance check. Disini gue di Aula GITC ada banyak pop-up cubicle yang isinya para performance checker. Tiba saatnya giliran gue masuk bersama 2 teman lainnya ke ruangan tersebut dan dihadapan gue sudah ada seorang pria paruh baya dengan perawakan agak "cool" benar-benar dingin *lebay*, temen gue maju pertama, disuruh jalan lurus bolak-balik sekitar 2-3 kali, di check kulit tangan, kaki, kuping, dan jari kaki dan tangan, setelah dia selesai dia diberikan kupon kecil berwarna kuning. Kemudian giliran gue, setelah melakukan perintah yang sama persis gue diberikan kupon berwarna biru. Gue bertanya-tanya dalam hati "hmm kok beda sih sama yang tadi?" kemudian gue diantarkan ke sebuah meja tempat penukaran kupon dan gue diberikan secarik kertas berwarna biru dan jadwal tes-tes selanjutnya. Puji Tuhan it means gue lolos ke next level, dan dianjurkan setelah makan siang langsung mengikut psikotest tertulis dan English paper-based test.

# Psikotest dan English Test
Setelah jeda makan siang, gue berkumpul disuatu ruangan bersama 40 perempuan lainnya untuk melakukan psikotest dan English test. Disini gue sempat kewalahan dengan time management psikotest gue dan as you know every psikotest pasti berurusan dengan time management. Setelah selesai mengerjakan kedua test, gue agak pasrah karena merasa gue kurang maksimal dan berharap-harap cemas karena katanya hasilnya akan dikabari "nanti malam".

fyi: gue dikabarinnya 1 hari kemudian lol!

# Interview User
Sedikit tips, pakailah baju yang nyaman, pastikan kondisi kulit tetap sehat dan bersih, karena walaupun performance check udah lewat temen gue ada yang lagi iritasi kulit ditangan pas check ini dan interviewer-nya liat dan di failed kan :/ so prepare your best girls :)). Interview-nya sendiri tidak tegang kok pertanyaannya juga seputar kerjaan lo yang terakhir/kuliah/sekolah/kesibukan yang saat ini ditekuni, sedikit background knowledge tentang Garuda Indonesia, motivasi/alasan kenapa mau masuk Garuda yaah standard lah pertanyaannya, tapi make sure keep smiling! itu pentinggggggggg BANGET! mengenai hasil kelulusan biasanya akan dikabari sekitar 2-3 hari semenjak interview dilakukan

# Wawancara Kompetensi/Competency Interview
Saran dari gue tetap sama seperti interview user, use your best comfort outfit! jangan yang ujung-ujungnya membuat lo tidak nyaman dan rempong sendiri haha :D Pertanyaannya? hmm kurang lebih sedikit sama, lo jelaskan mengenai diri lo, kemudian motivasi dan lain-lain! Bedanya disini agak sedikit dalam dan intense, lo diberikan contoh kasus yang mungkin menimpa diri lo di pesawat. Fyi: tiap interviewer punya gaya interview yang beda-beda kebetulan dalam tahap ini interviewer gue punya gaya "menyerang", cara fight back nya? keep calm and keep smiling! It worked well on me :D

# Medical Examination
Hmm saran dari gue, jangan makan makanan yang bikin kolesterol naik, bikin gula darah naik, dan lain-lain karena ujung-ujungnya lo either remedical exam or fail sampai tahap ini! Minumlah susu bear brand *nggak promosi kok* dan banyak minum air putih juga, kemudian you're ready to go to have your medex! Yang di-check seputaran urine, gigi, jantung, dan tes keseimbangan, dll.

# Background Check
Bukan bukan.. disini lo nggak ditanyain lo dari keluarga kaya keturunan darah biru atau darah oranye! lol! Tapi whether or not keluarga lo ada yang mafia/narapidana atau mungkin teroris dan mata-mata yang dapat membahayakan nasib Garuda kedepannya! Disini lo cuma mengisi kertas mengenai keluarga dan sisanya you're about to have another interview session! Paling ditanya soal Pancasila dasar negara, lagu Indonesia Raya dll :D Good luck!

# Pantuhir a.k.a Pantauan Terakhir
Kalo lo udah sampe sini congratsss!! kemungkinan lo lolos 90% Disini lo akan di-interview oleh para jajaran direksi, disini lo akan dipersilahkan masuk dan kemudian berjejer secara masal dan "hanya" memperkenalkan diri. Dress code? No worries my dear, lo akan exchange outfit lo menjadi seragam kebanggan Garuda :D. Sedikit tips sebelum pantuhir, latih senyum lo seramah mungkin, sesimetris mungkin dan secantik mungkin, kalau sudah sampai tahap sini jangan pelit senyum yah my dear ;) karena sedih dong kalau gagal hanya karena menurut direksi "si A terlalu jutek" :/ karena as you know jadi pramugari nggak cuma jalan-jalan gratis keliling dunia dan bergaji besar saja, tapi tugas utama kita itu melayani dengan sepenuh hati :) so pelit senyum dan nggak ramah is a BIG NO NO! :D. Kalau udah lolos tahap ini Good Luccckkkkkk yah for you! welcome aboard of being part of our big Garuda Indonesia Family :D, tugas berikutnya harus rajin belajar yah untuk ground training :)).

# Ground Training
Congrats untuk kamu-kamu yang sudah berhasil sampai tahap ini! You guys make it! What a bless :D Disini kalian akan menghabiskan kurang lebih 4 bulan (bersih) untuk menyelesaikan pendidikan di GITC. Yuk jangan menyia-nyiakan dengan malas belajar, karena nasib kalian disini belum tentu aman 100%, every rule in GITC is hella strict! you better obey every damn rules! It makes you to be a better person kok :D, kalau kalian melanggar terus bisa kembali dipulangkan loh :( sooo make your shot and make the best out of it!

personal property

# Flight Training
Disini, kalian sudah menyelesaikan semua pendidikan selama di darat dan waktunya terbang bersama Garuda Indonesia! Eiitss tapi masih sebagai siswa yah! Harus rajin-rajin buka bukunya kembali dan all the best from me to you girls!

personal property
Kalau ada yang nanya bedanya tosca dan oranye apa?
jawabannya: nggak ada bedanya, warnanya aja yang beda XD
intinya biar di pesawat lebih berwarna-warni aja.


Gimanaaaa???? Udah cukup jelas? atau masih kurang jelas? Kalau ada yang mau ditanyakan sok! mangga! atau ada yang mau bantu jawab? sok! mangga! :DD

-love Shan


194 comments:

  1. Replies
    1. mata di check sayang, pas medical exam. Tapi kalo kamu pake soft lense nggak apa-apa kok :).

      Delete
    2. see you on board
      https://www.youtube.com/watch?v=BrVtsVHi64s

      Delete
  2. Halo kak wah makasih bnyk udh sharing yah kak hehe. Aku mau nanya nih kak, kalo pake behel dan ikut recruitment itu boleh gak yah atau bakal lgsg digugurin? Ada gak kenalan kakak yg pake behel saat recruitment? Dia lolos atau gak kak? Hehe makasih kalo mau jawab yah kak. Sukses terus kak! Tuhan berkati :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Queen :) jawabannya gampang hihihi aku pakai behel lohhh selama interview :D dan baru lepas setelah dinyatakan diterima ;). Good luck my dear

      Delete
    2. Kak kalo tahap pantukhir pasti dikabarin nggak sih lolos atau nggaknya? Atau yg lolos aja ya yg dikabarin?

      Delete
  3. Replies
    1. harus banget cinta :). Single disini artinya belum pernah menikah yah ;) bukan nggak boleh punya pacar, good luck!

      Delete
  4. Kalo pake gigi tiruan boleh ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Intan, untuk gigi tiruan aku kurang ngerti, tapi best of luck yah! So far I think Garuda nggak terlalu neko2 kok.

      Delete
  5. hallooo itu biasa nya klo via web daftra na berapa lama sih di panggil gtu?/

    ReplyDelete
  6. tanya boleh ya kaka,kebanyakan yang diterima lulusan apa? d3? s1 ato sma? sama perbatch kebanyakan diterima sampe brapa orang ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi sorry for the late reply hmm engga kok, ug diterima sih berdasarkan pada saat kamu interview bukan berdasarkan kamu lulusan apa hehe good luck yah!

      Delete
  7. kak waktu isi formulir e-recruitment itu udah di seleksi dulu gak sih ? maksudnya semisal ada data yg gak sesuai sama kriteria bakal lgsg gugur/gak dipanggil interview gitu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi dear, enggak kok semuanya akan diundang langsung ke GITC/tempat dimana Garuda mengadakan walk in interview :) Good luck!

      Delete
  8. kak.. setelah daftar online .. ita dapat sms g? atau nunggu deadline buat walk in interview ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mega, dapet kok ;) aku dapet sms nya good luck yah!

      Delete
  9. Kak,pas walk in interview,mata minus 4 juga gpp walopun pake softlens?trus ga ditanyain?"Itu softlens minus brp?"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, iya nggak apa-apa kok, soalnya temen aku ada yang minus 7 dan tembus juga kok bareng aku, dan fyi aku juga pake soft lense dan nggak ditanya minus berapa. kalo pun ditanya nggak mempengaruhi apapun kok. Good luck!

      Delete
    2. Kak waktu itu pake soft lens bening apa boleh yg warna? Thank youuu

      Delete
    3. Kak Shandy...serius ah masa minus diatas 3 bisa lolos medec??????

      Delete
  10. hai shandy..sabtu ini aq di interview di garuda training center..tapi aq agak parno karna inggris aq pas pas banget..ngaruh banget ga sih sama interview qt???thq ya^^

    ReplyDelete
  11. Hi dear, English would be great if you master it really well, tapiii kalo memang terbatas nggak usah khawatir, banyak kok temen-temen aku yang kurang bisa, tapi asal ada keinginan untuk belajar terus yah :) and best of luck my dear!

    ReplyDelete
  12. Halo mau tanya, semoga dijawab.. say mau ikut tes untuk fa garuda, tapi rambut saya pendek dan tidak bisa diikat, panjangnya sedagu. Apa ga bs ya untuk tes? Dari foto2 yg saya lihat, rambutnya panjang2 dan di konde semua....

    ReplyDelete
  13. Hi shandy, thanks yah sharing nya. It really helps :)
    tapi ak masih pengen tanya" nih sis.. itu kalo misalkan gigi ga rata gmn yah? trs kalo setelah jd FA blh married or ada ketentuan ga boleh married selama jangka waktu tertentu gt ga? Trs selama training belajar apa aja? kita tinggal di mess gt apa gmn? Hehehe maap banyak tanya soalnya deg2an berasa ga pede tp penasaran pgn coba :D thanks alooottt yaaa!! ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi dear kalo masalah gigi rata biasanya sih gapapa
      kalo jd FA dikontrak dulu 2 tahun, selama kontrak tidak boleh married yah :)
      tinggal 2 minggu pertama diurus GA, sisanya cari masing2 dong

      Delete
  14. hai shandy.. salam kenal yah..
    mau nanya,apa harus punya gigi yg rata untuk mnjdi pramugari..temen2 km ada yg ga rata ga? mohon balasannya.terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga harus kok dear, banyak yang giginya juga nggak rat :) good luck!

      Delete
  15. hi kaka marcy , terimakasih artikelnya sangat membantu :)
    hmm aku ada pertanyaan nih seputar latar belakang pendidikan terakhir
    actually aku kelas 2 sma sekarang , dan bukan di sma formal pada umumnya , apa itu mempengaruhi kak (pendidikan formal or non formal) ? thanks before ya kakak ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai soulamaliya :))
      Gamasalah kok, ga berpengaruh sih setau aku :) good luck dan keep on trying ;)!

      Delete
  16. haloo ka shandy,terimakasiih artikel kaka memberi motivasi bgt,.:))) tpi ka aku mau nanya,itu selama interview nya in english atau indonesia? aku kurang lancar klo speak in english.:( terimakasih ka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo dear,
      Makasih kalo post nya memotivasi :)).
      Interviewnya nggak semua in english kok :) malah lebih banyak bahasa Indonesia nya. Ayuk semangat yah!

      Delete
  17. hai kak Shan..
    kalo gigi gingsul gapapa kan yah kak? ohiya kalo background check itu pertanyaan ttg NKRI nya apa aja sih kak? selain yg kakak jelasin di atas tadi. tgl 18 maret ini aku mau background check soalnya. hehe
    doain lolos dan cepet nyusul kak Shan terbang bareng Garuda Indonesia :) amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Fika :)
      Gigi gingsul aku juga kurang tau, tapi mudah2an boleh yah :D tetep semangat! Waduh pertanyaannya udh dari 1 tahun yg lalu -.- maaf yah kakak ga inget :p yg inget cuma yg ditulis doang XD.
      Amin! See you on board Fika!

      Delete
  18. Hay kak mau nanya, kirakira pertanyaan yg ditanyakan pas pantuhir apa ya kak? thanks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Eva,
      Wuiih selamat yah sebelumnya udah sampe pantuhir aja :))
      Pertanyaannya tergantung jajaran pemimpinnya, dan dari informasi sebelumnya orangnya beda2 yg nanya (otomatis prtanyaannya juga beda)
      Waktu kakak ditanya cuma suruh perkenalan diri dan kenapa mau masuk GA :D
      Good luck yah pantuhirnya ;)

      Delete
  19. Dear Ka.Shandy ,

    Jangka waktu dari seleksi tahap awal sampai kaka lolos ke Ground Training berapa lama ka ? dan disaat kita training apa itu harus bayar atau tidak ? I need your answer , thanks before . God Bless Us :)

    Kind Regards,
    Marsel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo marsel :)
      Dari tahap awal ke ground training kurang lebih 1 bulan atau bisa lebih cepat/lama
      Trainingnya nggak bayar kok dear ;). Gbu too :)

      Delete
  20. Hai, boleh nanya ga? Aq udh daftar online reg bandung n udah dpt nmer tesnya. Tesnya bulan mei. Tp aq agak g pd untuk tes 1, coz tinggi aq 165 tp bb aq 65 (udh diet dr 2013,, sblumnya 80), skrg diet lg krna tes ini. Pernah bca ktnya brat 55 aj msh dsbt overweight. Dan kaki aq ga mulus alias banyak luka, malah ada yg gde. Sberapa penting 2 poin itu untuk tes?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai sorry br bls, hmm aku juga kurang paham poin poin yg dinilai sama juri tapi soal luka luka kamu bisa conceal itu pake concealer atau foundation. Kalo soal berat badan, rajin olahraga aja tapi mudah2an berat badan kamu gamasalah pas dicek. After all good luck yah!

      Delete
  21. Hai Kak Shandy..
    Makasih buat sharingnya, sangat memotivasi :)
    Kak gmna kalau gigi geraham belakang ada yang ditambal?
    Atau mau iseng nanya nih, gmana Kak kalau ada gigi yang udh ompong (dicabut), apa langsung failed?
    Kan biasa nya minus point tuh kalau gigi busuk..upss, maaf sblmnya ya Kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau masalah gigi aku kurang tau, tapi mudah2an gapapa yah :) nggak lgs failed kayanya ;) good luck

      Delete
  22. Kalo ada bekas jerawat langsung failed ya kak? :(

    ReplyDelete
  23. kaka interview waktu ditanya kenapa mau masuk GA? jwaban kaka apa? terus waktu ditanya motivasi jadi FA apa jwaban kaka? dijawab ya ka terimakasih :)

    ReplyDelete
  24. Hay kak shandy, mau tanya ka. Kalo tes medcheck ,untuk gigi itu cuma dicheck biasa apa pake di fto ronsen2 gitu ka? Dan kalo tes wawancara pake behel gpp ya ka?

    ReplyDelete
  25. hy kak shandy...
    mkasih bgt bwt sharingnya.
    mw nanya kak klo di kaki ada varises ap langsung failed ya?

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. Halo kak shandy, makasih yah udah ngeshare, kalo aku daftar interview pas lg jaman2 skripsi gt boleh ngga? Ato mending nunggu wisuda?
    Trus kak, aku pake kacamata, ga ada minusnya sih tapi silinder dan lumayan parah, itu gmn ya kak?
    Trus yang tes berenang itu si fase yang mana? Susah ga kak? Soalnya aku ga terlalu jago berenang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran aku tunggu wisuda aja hehe. Silinder? Mudah2an gapapa :)). Tes berenang?? Haha nggak ada sayang :p

      Delete
  28. kak ditanganku banyak bekas luka gimana dong:(

    ReplyDelete
  29. Halo Shandy,
    anyway your page is helpful indeed. My question is, " kalo ngga lolos saat cek berat badan, kapan bisa mulai kembali mendaftar? "
    hopefully you can answer this. thankyou :(

    Regards

    ReplyDelete
  30. Halo Shandy,
    Your page is hellful indeed:) My question , 'kalau failed saat check berat badan, kapan kita bisa kembali mendaftar? hopefully you can answer this. Cause I've called the line call of recruitment team but they never answer the telephone. Thankyou:) Satya

    ReplyDelete
    Replies
    1. You can reapply anytime, unless you fail on pantuhir then you need to wait for 6 months :)) good luck!

      Delete
  31. hai kak sandyy :)
    mksh buat postingannya ,,keren!..
    aku mau tanya,, aku pengen bgt jd pramugari,, tp gigi aku gak rata,msh ada peluang gk sih kak?
    harus gk sih kak sekolah pramugari?
    biaya pendaftran rekrutmen brp??
    maaf kepoo =D mksii ya kak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gausah skokah pramugari jg gpp. Gaada biayanya say ;)

      Delete
  32. Hallo ka Shandy
    Makasih banget buat sharingnya hihi
    Btw aku mau ikut tapi tinggi aku cuma 158 itu pasti udh lgsg failed ya ka? Huhu

    ReplyDelete
  33. kak kalau tinggi 158 itu lgsg failed ya? :((((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan langsung nyerah, coba aja dulu. Temenku nyoba 8x tes baru ketrima hehe

      Delete
  34. haii kakak shandy marcy aku sonia dari padang boleh minta alamat emailnya??
    mau tanya-tanya seputar rekruitment GA nih kak :D

    ReplyDelete
  35. Kak shandy,, aku mau tanya nih.. kalo blm fasih b.ingg gmn yah ? Apa kita bsa jujur saat interview or gmn ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak apa apa, ayoo diperlancar lagi inggrisnya :))

      Delete
  36. informasinya bermanfaat bgt...
    mau tanya ni, skrng posisi q msh kerja dan itu jadi kendala gag ya untuk walk in interview maksudnya engga dipertimbangkan sama GARUDA INDONESIA nya??makasih

    ReplyDelete
  37. Haii ka shandy, thanks for your information yaa ^^ aku lg nunggu pengumuman kelulusan hehe. Aku pengen bgt bisa jd pramugari. Btw, aku mau tanya nih ka, aku ada tanda lahir di pipi kanan aku. Apakah berpengaruh aku bisa ketrima ato engga? Aku sih bisa ngecover tandaku pake make up. Thanks before. Godbless you :)

    ReplyDelete
  38. Kak shandy,salah satu syaratnya kan harus single ya...kalo sudah pernah menikah tapi belum punya anak, gimana tuh kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm i dont think you can make it dear, sorry. Kalo ketahuan kamu bakal di denda pinalty :((

      Delete
  39. Hai kaka pramugari... aku mau nanya, apa ada test nya yang semacam test mental gitu? Temenku yg di Manado apply ke garuda dan katanya ada sedikit di marah-marahin gitu sekedar ngetes mental si peserta. Tapi dari macem-macem artikel interview fa garuda indonesia yg aku baca aku belum nemu yg ada di marah-marahinnya. Aku cuma bingung aja jadinya hehe. Thanks before. I'm looking forward for your answer. GBU :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha tes mental gaada sayang, adanya junggle survivor itu kita di train sama angkatan tentara jadinya yah disiplin hehe

      Delete
  40. hai kakak :D
    mau tanya, kalo misalkan di kulit banyak bulunya gimana? langsung failed kah?

    ReplyDelete
  41. Kaa, aku mau nanya nih. Aku udh coba register pendaftaran online. Tp pas mau di aktifin account ny invalid :( gmn ya ka? Thankyou

    ReplyDelete
  42. hi kak shandy.. mau tanya donk.. waktu interview ada pake inggrisnya bagian apa? thx before..

    ReplyDelete
  43. kaaaak mau tanya dong? kalau susunan gigi bwah agak berantakan tapi kalau senyum dan bicara itu gak keliatan kira2 bisa gak ya???aku mau coba ikutan tapi kayaknya masih harus kurusin badan dulu soalnya tinggi aku 168-170cm-an (lupa) tapi BB-nya masih 71kg hehehe

    ReplyDelete
  44. Hallo kak marcy saya mau tanya nih,kak waktu ujian psikotes bentuk ujiannya gimana aja yaa kak.terimakasi sebelumnya kak :)

    ReplyDelete
  45. kak bagaimana kalau masih kuliah tapi sdah daftar online. apa bisa di terima,... daftar menggunakan ijasah SMK...

    ReplyDelete
  46. Halo mau tanya nih, untuk tinggi badan mereka strict banget yah? tinggi aku pas-pasan banget 158 tapi aku takut gak sama dengan pengecakan berat dan tinggi badan mereka (lets say jadi menyusut :p). Kalo seperti itu gak ada toleransi ya kak?
    Makasi ya infonya, sangat membantu :D

    ReplyDelete
  47. hi kak biasanya untuk interview tahap awal yang dinilai apa ya? aku uda pernah ikut tp gagal. ak hanya lolos di cek tb sama bb. Please share ya kakak.. tenkyu

    ReplyDelete
  48. Hai shandy cantik, makasih yah infonya boleh nanya? sebelumnya shandy ikut sekolaha penerbangan gak? trus kalo mau jadi pramugari harus mulus yah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai nurul, aku nggak ikut skolah penerbangan kok. Mulus? Biasa aja ah hehe yg penting bersih aja. Slamat mencoba yah

      Delete
  49. Salam kenal ka :) perkenalkan namaku Sanah dari Banjarmasin. Mau nanya nih ka. Misalnya berat badan kelebihan 3 kg. Apa itu bisa dimaklumi gak yah ? Atau diterima tp selama training target menurunkan berat badan? Atau langsung gagal ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo there from banjar masin, dicoba dulu aja, siapa tau emang rejeki nya ketrima. Biasanya sih pas training kalau memang masih over weight disuruh turunin lg. Good luck!

      Delete
  50. kak, mau tanya kalo tangan yang dicek kulit mana?misal ada tato kecil trus ditutupin pake jam tangan pas cek awal kira-kira aman gak?sebelum akhirnya sempet di ilangin?adek aku mau intreview kak, tapi dia ada tato kecil di tangan.:(

    ReplyDelete
  51. kak aku jg pengen dftr ni tp tinggiku cm 158 .. bisa gag yah kk.. ??? kk aja yg tingginya 161 pas diukur tnyata jdi 159 .. duhh jdi down bcanya.. -____-!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heyy coba aja duluuuu!! Semangat yaah best of luck special for you ;)

      Delete
  52. Aduuh !! saya goosebumps bacanya ..
    Thanks for sharing this precious experience Kakak ^_^

    ReplyDelete
  53. Halo kak aku mau nanya kalau jadi pramugari apa bisa lulusan SMA? Ato harus sekolah pramugari dulu kak? :D makasih sebelumnya :D blog nya sangat ngebantu :) hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok dear, gausah skolah penerbangan jg gapapa kok. Good luck

      Delete
  54. hay kak aku bella mau tanya nih kalo ada bekas jerawat atau kulit kurang bersih gmana ya kak
    thanks kak

    ReplyDelete
  55. salam kenal sebelumnya,
    ka mau tanya nih, kalo ada bekas luka gimana ya ka? minta sarannya ka untuk ngilangin atau sekedar nutupinnya. merci :)

    ReplyDelete
  56. maksih bangt artikel nya kak :) ini udh mnmbh pengethuan aku :)
    hehe,, kk,aku mau nnya ni.. kan aku tmatan thun ini,nah jd dengr dengr nya ijazah aku kluar akhir buln 6 klo g awl buln 7..semntara test nya pertnghn buln 6 ini kk,,kira-kira..klo aku bawa SURAT TANDA KELULUSAN Dulu ,bisa g y kk??
    mohon jwbn nya kk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kurang tau dear, soalnya itu tehnical kan yah.

      Delete
  57. Hai, kak. Mau tanya nih. Apakah saat interview pernah di tanya2 ttg tari/lagu2 daerah gt gak?

    ReplyDelete
  58. hi sist
    thanks banget untuk article nya. aku tuh ingin sekali jadi pramugari, namun kendala aku disini tuh bekas luka di lutut and bekas jrawat, namun tidak parah -parah banget sih, pramugari tegolong perfect banget gk sih? aku merasa gak PD dg masalah tersebut,

    ReplyDelete
  59. salam kenal shandy, mau nanya nih
    klo udh ktrima ktanya lngsung training ya, aku kn msh krja jdi klo mau kluar kdu 1bln stlah ngajuin resign. biasanya diksik kelonggaran waktu sma garuda gak? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. ka mau tanya kalo kuping ada bekas tindikan boleh apa enggak ya?

      Delete
  60. Kak kasih bocoran dong buat background check,pertanyaan2 seperti apa yang bakalan muncul....?

    ReplyDelete
  61. Hallo kaa . Mau tanya nih aku mau coba daftar pramugari tapi bahasa inggris aku belum begitu lancar . Itu gimana ya ka ? Mepengaruhi penilaian atau gimana? Mohon jawabannya ya kaa . Makasih sebelumnya:)

    ReplyDelete
  62. kak interview nya pake bahasa inggris semua ya

    ReplyDelete
  63. hello ka :)
    want to ask yaaa, setiap ada sesi Q&A atau intoduc kita diharuskan in english atau boleh pakai bahasa indonesia?
    expect a response. GBU :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jawabnya sesuai yg nanya aja :)) kalo in english sok dibales english hehe

      Delete
  64. hai kak.. baru baca artikel kaka nih.dan itu menambah tekad cita2 aku jadi pramugari. tapi ada yg kurang yakin nih. saolnya tinggi aku 158 dan berat badan nya 42, masih bisa lolos ngga yah kak?
    need your answer

    ReplyDelete
  65. kak aku daftar onlinenya kok ngga bisa bisa ya , kaka masih inget caranya ngga? thanks kak.

    ReplyDelete
  66. kak kalo di jari ada bekas jaitan sama kaki ada luka itu langsung failed ya?

    ReplyDelete
  67. Halo ka maaf menganggu. Saya ingin menanyakan beberapa hal. Semoga kaka menjawab ya
    1. Berat badan dan tinggi ideal itumya berapa ka kalau beratku 45 dan tinggi 160 itu apa bisa?
    2. Pas diperiksa kesehatannya apa itu kita naked?
    3. Selama interview full english atau bahasa juga boleh ka?
    4. Tentang pengetahuan umum itu seperti diajukan pertanyaan nama bandara di indonesia atau tidak ka? Soalnya pas saat saya membaca buku panduan pramugari harus seperti
    Sekian dan terkmakasih ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Bisa
      2. Nggak naked
      3. Dicampur pertanyaannya
      4. Bisa jadi itu keluar. Tergantung interviewernya mau tanya apa.

      Delete
  68. Kak pas nanti interview apa boleh menggunakan stocking?
    Thank you goodluck kaka:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nope, kalo nggak salah memang no stocking dear

      Delete
  69. Kak, mw tanya untuk hasil test disetiap tahapan akan diberitahukan apa tidak yah Lulus atau tidaknya? atau hanya yang lulus yang diberitahukan yah? saya lagi proses juga kak, test kesehatan dan background checknya kurang lebih 1- 2 minggu lalu. tapi sampai skrng blm ada informasi apakah lulus atau ga. Thx balasannya kak.

    ReplyDelete
  70. hy kak shandy
    kak mau tanyak , jadi pramugari apa harus cantik ?
    kalau kurang bisa berbahasa inggris gimana ?

    ReplyDelete
  71. Hello shan, mau nanya dong bedanya recruitment pramugari yg GCC sama GITC itu apa yah? Trus kalo baru lulus S1 dan masih nunggu wisuda bisa gak pake skl? Atau harus pake ijazah? Thanks before :))

    ReplyDelete
  72. Hello shan, mau tanya dong perbedaan recruitment pramugari GCC dan GITC itu apa yah? Soalnya dari persyaratannya jg beda. Trus kalo udah lulus tp masih nunggu wisuda itu bisa pake skl dulu atau harus ijazah? Thanks before :))

    ReplyDelete
  73. Ka mau nanya.tes kesehatannya yg dicek apa aja ya? Selain tinggi badan ,berat badan, Gigi?
    Makasih ka

    ReplyDelete
  74. Hay ka.. kalau untuk masalah bekas luka itu gimana??? Aku punya disekitar dengkul, dipermasalahin gak ya ka disana pas tes nanti?? Terima kasih :)

    ReplyDelete
  75. ka aku mau nanya nih klo interviewnya itu tanyanya apa ajasih ka ? Full english ga ka nanyanya ??
    Sm psikotest itu soalnya apa aja ya ka kira kira ..

    Makasih ka

    ReplyDelete
  76. Sorry ka pernah ada ga yg tb under 158 keterima . Contoh 155cm gtu . Thankss

    ReplyDelete
  77. ka mau nanya pernah ada ga yg tb under 158 keterima .contohnya 155cm gitu . Sorry prtanyaannya aga maksa.thanks :)

    ReplyDelete
  78. Kak maaf, tengah malam ini aku baca smuany, kak kulitku hitam, manis si hehee, tp ada bekas knalpot dibetis sblah kiri, gmna kak? Failed ya? Thx kak

    ReplyDelete
  79. hai kak shandy
    mau tanya kak soal tes mata
    aku ada minus 3 dan silinder di kedua mata 1,25 sama 1,5
    bisa gak yah kak lolos?? kepikiran mata terus pas tes :(:(

    ReplyDelete
  80. kakak... klo udah register berkali2 tp ttp invalid knp ya?

    ReplyDelete
  81. kak misal telapak tanganku keringetan gimana,tapi pernak kedokter ga ada penyakit tu

    ReplyDelete
  82. Hai kak mau nanya, tinggi aku 164 beratnya 47 kalau menurut perhitungan BMI kan kurus itu kak, bisa ga yah? Kalau misal lolos gt bakal dikasi toleransi buat naikin beratnya ga kak? Terimakasih kak Gbu:)

    ReplyDelete
  83. hi kak, thanks for your information :) aku masih butuh info ,bedanya pramugari reguler dan experience apa ya ?

    ReplyDelete
  84. Ka mau tanya nih ka, kalau pake soflens tapi saya minusnya 3 apa boleh, soalnya di persyaratan maksimal minus 3, tapi berdasarkan cerita kaka tadi ada temen kaka yg minus 7 aja masuk. Itu gimana ya ka? Dan untuk ketentuan warna soflensnya apakah harus bening ka warnanya?
    I hope your answer my question dear :)

    ReplyDelete
  85. Hallo kak~ mau tanya dong. Waktu interview itu kita bicara full bahasa inggris gak? terima kasih :)

    ReplyDelete
  86. kak, mau nanya.. klo waktu interview blm diwisuda boleh engga ya?

    ReplyDelete
  87. Hi kak shandy,

    Boleh di share gak kisaran gaji pramugari garuda berapa? Ada di atas 15 jutakah?

    Aku lagi bingung krn udah keterima di maskapai luar, tapi masih pengen cobain garuda jg. Mgkn dari segi financial bisa menjadi salah satu pertimbangan jg.

    Thanks before ;)

    ReplyDelete
  88. kalau mau jadi pramugari muka jerawatan lolos gak kak ? >.< butuh perawatan dulu yaa

    ReplyDelete
  89. hi ka shandy, aku mau nanya kemarin kan aku apply online, nah terus aku liat di tanya jawab atas kalo ka shandy sehabis apply di kirim sms ya? kog aku enggak ya ka? apa itu tandanya aku udah failed? huhu.. tolong advise'nya ya ka, makasii..

    ReplyDelete
  90. kak katanya tingginya di kurang 2cm ya?kalo tinggiku 158 ga bisa dooong:"

    ReplyDelete
  91. Hai kak salam kenal yaa..
    Mau tanya ni, kl sdh dftr onlain tp ditolak krn ada kesalahn, kira2 mash bsa dftr lg gx ya?? Trs hrs nunggu balsn nya apa lgsung ke kosambi.. soalnya wkt nya udh mepet ni.. thanks mohon dijwb kak

    ReplyDelete
  92. Hi kak, mau tanya dong and i hope your kindness would be answer me :), 2 hari lagi aku ada test tahap awal kak, aku sma sx g ada bekas luka, tapi aku ada bekas jerawat gmn kak? Tmn2 kk ada yg gtu gak? Plis answer my quetion asap kak, i really need ur info , biar aku ga sia2 dtg dan persiapan aku kak, thanks kak shan :**

    ReplyDelete
  93. hi Shan, aku mau tanya, setelah registrasi online dan apply di job vacancy yg ada di web garuda utk pramugari, harus nunggu sms/telp utk panggilan walk in interview, atau walk in interview bisa dilakukan walau kita blm registrasi online sebelumnya? jadi kita bisa langsung datang ke GITC begitu? tanpa menunggu panggilan dr Garuda? mohon bantuannya utk jawab pertanyaanku yaa soalnya aku msh bingung bgt hehe thank u so much, Shan :)

    ReplyDelete
  94. kak.. setelah kontrak, kta bsa bkrja brp lama?
    and then.. stlah kontrak 2 thn itu boleh mnikah? atw trgntung conditional?
    and.. example kta nnti gk jd pramugari lg, ada jaminan utk krja in another profesion or nglnjutin school gk?

    ReplyDelete
  95. Hi kak shandy :D
    makasih kak akhirnya aku tau juga gimana proses walk in interviewnya hehe
    Oiya kak, kriteria umurnya itu kan min. 18 tahun. Nah kalo yang masih 17 gimana kak? Bisa apa ngga?
    Thanks before kak :))

    ReplyDelete
  96. Hi Shandy, nice article!

    dari dulu pengen coba tes FA tp ga pede terus... ini mau nyoba tp klo tingginya kurang dikit dari 158 ud pasti ga lolos ya tahap 1 nya aja? :(
    thx for answer :)

    ReplyDelete
  97. kak mau tanya kalau misalnya interviewnya pake officeware atasanya panjang gpp, dan aku ada luka bekas jatoh di sikut gimana ka, dan satu lagi kalau ada streact mark gimana ? bisa gugur langsung kalau gitu

    ReplyDelete
  98. evening..mw tanya..sy suka ngga pede sm gelungan rambut pramugari nih..sy pernah lolos sampai pantuhir d sebuah maskapai..tp cm pantuhir satu (ada dua kali pantuhir).. nah d sini yg bikin saya ngerasa ngga PD dan menyebabkan kegagalan adalah bekas knalpot di betis dan rambut sy yg tipis..rontok soalnya di rebonding..aslinya keriting...tp masih bs d frenchtwist sih pake di sasak..cm ya lama dan ribet banget..nah sejauh ini sy belum pernah liat tuh pramugari rambutnya keriting atau tipis...ada solusikah? kemudian soal bekas luka d maskapai sblmnya alasan sy tdk lls adlh krn keliatan saat pakai seragam..fyi belahan rok nya sampe se paha..nah kalo d garuda kan seragamnya tertutup tuh...kira2 berpengaruh juga ngga ya....? maaf ya pertanyaanya panjang..mhn d jwb..smg dg saling membantu Tuhan melancarkan rejeki kita...amiin

    ReplyDelete
  99. Selamat pagi kak,mau nanya kalau bahasa inggrisnya engga lancar dan passive itu masih ada harapan buat lolos tidak ? Terima kasih

    ReplyDelete
  100. Kak Shandy kalo misalnya ada bekas luka gitu trus nanti aku pakein foundation ketauan ga kak? makasih ya kak :)

    ReplyDelete
  101. Hai kak mau nanya nih, test medicalnya apa aja selain priksa gigi, rontgen n priksa mata? Apa dokternya khusus untuk medical testnya?

    ReplyDelete
  102. hai kak shandy, makasi ya sudah mw berbagi :) , aku mau nanya ni kak, aku pernah deger klo pramugari itu wajib bisa berenang , bener gak? , trs saya punya bekas luka di kaki jadi kita tutupin pas interview aja kan kak , gak setiap hari ? hehe . semoga kk berkenan menjawb, gbu kak and thankyou :)

    ReplyDelete
  103. kak nanti pas tes boleh pake softlenskah? terus harus pake softlens bening apa boleh yang item gitu?mkasih kak infonya....salam kenal

    ReplyDelete
  104. Kalo ada bekas jahitan di kaki itu gimana ka??

    ReplyDelete
  105. Hai Shandy, aku mau tanya, jawaban terbaik saat kita ditanya tentang motivasi, apa sih?? Thanks yah.

    ReplyDelete
  106. Hi! Ka shandy, nama saya Vira. Saya dari kota Tangerang. Ka, kalo untuk daftar ke Garuda Indonesia Training Centre boleh ditemani sama ibu atau kita harus daftar seorang diri?.

    Terima kasih. :)
    Please answer my quetion
    Succes for you .

    ReplyDelete
  107. nice share shandy...Its very owesome...bantu semua orang dengan info ini..

    ReplyDelete
  108. Hai kak shandy cantik! Boleh tau gak apa jawaban kakak ketika ditanya tentang wawasan seputar dunia penerbangan kususnya maskapai GA sendiri dan jawaban ketika ditanya apa yang membuat kaka mau menjadi flight attendant garuda indonesia ?
    Venti thanks gorgeous! :)

    ReplyDelete
  109. Hallo Shandy, seneng deh baca nya. Sampe berkaca2, krn pramugari cita2 aku dari dulu. Anyway aku Udah pernah daftar tahun lalu dan gugur di 156cm :"""""( (standar garuda 158) im so broken. Di sriwijaya 157 ( dg standar 160 kl ga salah) :"""(

    ReplyDelete
  110. Kakak, aku pengen banget jadi pramugari tapi masahnya rahang atas gigiku agak maju. Yang kedua, kulitku sawo matang. Jadi pramugari tuh kulitnya harus putih/kuning langsat ya, kak?

    ReplyDelete
  111. Kak, makasih ya atas info nya! Memberi motivasi banget.. skrg ini aku kelas 3 sma nanti setelah lulus aku mau langsung daftar garuda kak. Hehe, do'ain aku ya semoga lulus aamiin:)

    ReplyDelete
  112. Kak gmn ya kalo ada bekas jerawatnya?trimakasih kalau dibls kak..:)

    ReplyDelete
  113. kak aku mau nanya ni, kan aku udah registrasi online..trus suruh cek di email..tp kog ga ada email masuk ya dari garuda? sebaiknya gimana ya kak?makasih ...

    ReplyDelete
  114. ka I had trouble nih buat register online krna kmren prnah regster trs pas log in salah pass mulu, mau masuk lwat email, emailnya not found,mau buat register baru gg bisa krna no ktp aku udh msuk diregister lama k,kalo aku register via onthe spot cra nya gmn y k?apa aja yg disiapin?biar gg ada yg ktngglan trs gg bingung wktu ditkp.thanks before ka :)

    ReplyDelete
  115. Hai shan, saya sedang ikut tes untuk bagian OPL di GA. Apakah kira2 anda tahu untuk jobdescnya seperti apa? Thanks ya, sukses selalu

    ReplyDelete
  116. Thank you ka Shandy untuk sharingnya semoga bermanfaat. Aku mau nanya dongg kak, kalau ada bekas luka di kaki atau noda di wajah ngurangin point ga tuh?

    ReplyDelete
  117. Hai kak shandy, aku dea kak.
    aku kan lagi sekolah pramugari di jogja, aku mau nanya2 kak tentang tes rekrutmen di garuda bulan apa ya kak buka nya ? trus kalo mata mines 3 gimana kak ? :( maksimal overweight brp kak ? trus garuda itu interviewnya full eglish ya kak ? makasih ya kak :)

    ReplyDelete
  118. Hallo kak, mau tnya itu underweightnya berapaan ?trima kasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
  119. sorry nyasar sebelumnya saya cowok, disini cuma mau tanya ka di GIA ada penerimaan pramugara gak yah khususnya 2015 kok kayanya jarang saya liat pengumumannya

    kalaupun ada informasi tolong send it to my email at dandyelvandy@gmail.com

    dan kalau kaka ada kenalan pramugara from GIA saya minta kontaknya buat tanya tanya

    Thanks before .. :)

    ReplyDelete
  120. Kakak cantik, mata minus 4 juga gpp pas medex? Karena setahu aku, max. Minus itu min3 :(

    ReplyDelete
  121. hi kak aku mau nanya nih, kan aku berhijab. apa bisa jadi pramugari di garuda?

    ReplyDelete
  122. kak biasa nya team penyelksi nya itu nanya kita pake bahasa inggris tuh nanya tentang apa ya ka?thx

    ReplyDelete
  123. kak mau nanya kl kt daftar online itu tunggu pemberitahuan suruh dateng atau emg kt dateng aja langsung ketempatnya?

    ReplyDelete
  124. Kak. Kalau ada bekas luka gigitan nyamuk di kaki gimana ka?

    ReplyDelete
  125. salam kenal kak?
    kalo test pramugara beda jauh gak? kalo khusus laki laki yang Berat badanya minimal berapa ya biar bisa masuk?

    ReplyDelete
  126. Hai kak shandy.. :* kakmau tanya nih kalo yang interview pakai bahasa inggris kita jawab pake bahasa indo boleh gak ka hehehe

    ReplyDelete
  127. Ka, kalo punya gigi agak kedalem dikit apa bisa ikut recrutment jd FA ga ka :( ? Dari artikel digoogle sih bnyk yg bilang gpp, tp yg lain ada yg jawab "maybe" ..

    ReplyDelete
  128. Hai shandy, Thx 4 sharing.. Mau tanya selama qt ditraning, ap qt diwajibin tnggl diasrama atau boleh pulang pergi?

    ReplyDelete
  129. hai kak boleh ga ketika interview rambut dalam keadaan pendek?

    ReplyDelete
  130. Hy ka shandy, aku lg nunggu hasil kelulusan SMA. Btw aku minta fb ka shandy dong, mau ngobrol via message. Thankyou :)

    ReplyDelete
  131. kak boleh minta line nya kaka engga? aku sabtu ini diundang interview .. dan aku punya beberapa pertanyaan. kaka mau bantu aku ga? ^^ makasih

    ReplyDelete
  132. kak aku mau nanya, misalnya langsung ke GITC di tiap hari selasa itu bisa ngga tanpa daftar online? terus daftar nya pake baju apa? temen aku bilang katanya pake rok selutut sama kemeja, itu bener ngga kak?

    ReplyDelete
  133. Kak, pantuhir ditanya soal apa aja kak?

    ReplyDelete
  134. halo kak saya nabila
    kalo lokasi saat walk interview harus di airport soekarno hatta atau di GITC ?
    terimakasih, mohon di jawab yah kaka geuliss :)

    ReplyDelete
  135. hai kak, thanks untuk pengalaman berharga yang sudah di share. I know its way too late to ask you about it hihi but im gonna ask it anyway. aku sekarang mau naik kelas 3 di salah satu sekolah pariwisata negeri ternama jakarta, dan aku bercita cita untuk jadi pramugari garuda indonesia. Tapi mataku minus 3,5 yang artinya harus pakai softlens pas nanti interview seperti kaka ya. Tapi yang aku mau tanya adalah, apa itu artinya nanti pas terbang aku harus selalu pakai softlens? dan apa nantinya management gak mempermasalahkan itu? Your answer means a lot to me kak. Hehe thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. hey dear, no worry! nothing is really too late :D anyway to answer your question, actually penglihatan kita itu related to safety sih, karna kalo ada emergency kita dituntut untuk menyelematkan nyawa para penumpang dan kalo kita gabisa ngeliat berarti itu membahayakan baik diri sendiri maupun penumpang. Sebaiknya pake softlense terus, cuma kalo cape boleh pake kacamata kok (official look glasses) dan kalo saya pribadi sih masih suka bandel kadang suka gapake keduanya, asal sanggup dan yakin kalo ga mengganggu penglihatan dan keselamatan penerbangan aja. Hope my answer help you a bit yah dear :)

      Delete
  136. hallo kak aku umii dari merauke papua 😂 jauh beud mau nanya apa bener untuk masuk FA garuda itu pas habis lolos tes semuanya nti untuk tes training kitavgak bayar apa pun kak ? misal uang pelatihan gtu itu bayar gak kak ?

    ReplyDelete
  137. Hi ka artikel ini sangat membantu trimakasih banyak yaaa :))
    Ka aku pingin bgt jadi pramugari, tapj mataku ada silinder3,4 yg sebelah kiri. Masih ada harapan buat kejaf cita2 saya ini ngga ya ka? Apakah boleb pakai soflent atau tdk disaat rekrutmen.. makasih banyak sebelumnya ka :)))

    ReplyDelete
  138. Kalo mata minus, apa berpengaruh pada diterima atau tidaknya nanti kak? Soalnya aku sering cari seputar ttg pramugari, katanya Toleransi mata itu cuma 1Dioptri ka..

    ReplyDelete
  139. Hai kaa, aku baru search tentang FA di GA dan nemu blog kaka ini. To be honest its work to burn my passion to become a FA. But, I don't confidence cause I have problem dan ini sulit untuk di sembunyikan kalo kaka ada waktu please answer it:((
    Aku punya bekas luka knalpot gt, lumayan gede di kaki apa masih ada kemungkinan buat passed ? Secara training nya ga pk stocking and is it can hidden? :((
    Thank you for your time 😘

    ReplyDelete
  140. Halo kak. Aku baru dapet infor tentang training FA dan akhirnya searching tentang hal tersebut. Makasih share di blognya! Aku mau tanya,
    1. kalau pernah punya masalah dengan urine (infeksi saluran kemih) itu masalah gakya?
    2. Dan bekas luka (keloid) juga jadi masalah gakya?
    3. Belang warna kulit dipermasalahkan gak ya?

    Makasihh

    ReplyDelete
  141. berapa lama jangka waktu dari pantuhir sampai kita dikirim untuk pendidikan flight attendant?

    ReplyDelete
  142. Tinggi asli kita memang di kurangin beberapa centi ya pas pengukuran

    ReplyDelete