Friday, June 17, 2016

11 Tugas Pramugari yang Belum Kamu Ketahui

Good news for wannabes!

Disini gue akan kembali menulis mengenai hal-hal ke-pramugari-an -bukan eyd yang baik- hehe jadi simak baik-baik yah. Mungkin bagi kalian yang udah nggak sabar pengen cepet-cepet jadi pramugari pasti recently melakukan googling mengenai apa aja sih kerjaan pramugari di awan sana? Mungkin ada yang sudah paham bahwa we as a cabin crew our main duty is to perform safety, tapi selain safety apa aja sih yang dilakukan? apa iya cuma menyajikan makanan dan minuman aja? Apa iya cuma senyam-senyum nyengar-nyengir aja? Boarding angkat-angkatin barang penumpang? Well without further due, let's get to know what we do exactly from the moment we enter the aircraft to up in the air!

property of this blog

  • Pre Flight Check, jauh sebelum kami mengudara di atas sana, pada saat pertama kali kaki menginjakan pesawat para awak kabin wajib untuk melakukan pre flight check yang artinya kami wajib untuk mengecek seluruh perlengkapan safety kami itu masih valid dan dapat digunakan. Akan sangat fatal jika perlengkapan safety itu tidak valid dan tidak berfungsi selama penerbangan, maka dituntut ketelitian dalam melakukan pre flight check
  • Service Preparation, masih dalam keadaan belum mengudara, flight attendant akan melakukan service prep. biasanya akan dibagi tugas sesuai bidangnya, ada yang membantu melipat koran -yang nantinya untuk diberikan kepada penumpang-, ada yang mempersiapkan permen, mainan untuk anak-anak, ada yang memastikan jumlah makanan sesuai dengan jumlah penumpang, ada juga yang memastikan toiletries dalam pesawat sudah terpasang dengan baik di dalam lavatory/toilet pesawat, menyemprot kabin dengan pewangi kabin dan masih banyak lagi tergantung rute destinasi, semakin jauh destinasinya maka semakin banyak pula yang harus dipersiapkan sebelum take off, makanya harus teliti yaa wannabes kalau sudah bergabung nanti!

property of this blog

  • Security Check, disini sebelum siap boarding para awak kabin akan mengecek kondisi pesawat apakah sudah aman dan tidak ada barang-barang yang mencurigakan di dalam pesawat yang dapat membahayakan keselamatan penerbangan, sehingga dipastikan bahwa pesawat dalam keadaan aman dan siap untuk terbang
  • Boarding, pasti sudah tau dong kalo kalian masuk pesawat (boarding) sudah ada awak kabin yang berdiri manis dengan senyum merekah menyambut kalian datang ke "rumah" mereka? Yep, proses ini dinamakan boarding, disini tugas awak kabin justru bukan untuk mengangkat barang/bagasi penumpang, melainkan membantu mengarahkan penumpang agar sampai pada kursinya dan menghindari terjadinya "salah kursi" :D jadi tugas kami sama sekali bukan untuk mengangkat barang penumpang looh, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa kami dengan siap sedia akan membantu para penumpang yang kesulitan mengangkat barang bawaannya :)

property of this blog

  • Cockpit Check, setelah pesawat lepas landas dan lampu tanda kenakan sabuk pengaman dipadamkan akan ada awak kabin yang bertugas untuk menghubungi cockpit (flight deck), hal ini berkaitan erat dengan masalah keselamatan pesawat whether or not the cockpit crew are in well condition or in need. Jadi setelah take off jangan lupa untuk menge-check cockpit yah wannabes!
  • Attendant call response, mungkin bagi yang belum familiar apa itu attendant call akan gue jelaskan sedikit disini, attendant call itu adalah panggilan dari penumpang kepada para flight attendant, biasanya penumpang menekan tombol attendant call dan lampu attendant call akan menyala di kursi penumpang tersebut, yang artinya pramugari/pramugara akan mendatangi penumpang tersebut untuk menanyakan kebutuhan dari yang bersangkutan untuk segera dibantu. Nah disini awak kabin harus amat peka terhadap attendant call, dan segera mendatangi penumpang untuk dibantu kebutuhannya.

property of this blog

  • Check Cabin, baik short haul maupun long haul flight, awak kabin berkewajiban untuk mengecek kabin pesawat, yang dimaksudkan disini lebih kepada mengecek para penumpang, apakah ada yang memerlukan bantuan, apakah masih ada tray makanan yang belum diangkat, adakah yang memerlukan selimut karena kedinginan, atau mungkin ada yang sakit dan memerlukan immediate help.
  • Clean the Toilet, you read it right dear! Selama penerbangan kita tidak mempunyai petugas cleaning so it meansssss we are the cleaner itself! Pesawat adalah rumah kami, sebagai tuan rumah yang baik bukankah pemilik rumah sendirilah yang harus membersihkan toiletnya? Nah kebersihan adalah sebagian dari iman, jadi jangan sungkan untuk membersihkan lavatory yah :D
  • Announcement, yep awak kabin juga melakukan pengunguman baik itu setelah take off, sebelum landing, sampai pengunguman menyangkut turbulensi pesawat yang mengharuskan semua penumpang untuk tetap duduk dan mengenakan sabuk pengamannya.
  • Disembark Greetings, ketika pesawat sudah mendarat pun tugas kami sebagai awak kabin tidak langsung selesai juga, disini kami para awak kabin akan siap sedia dengan senyum kami yang paling manis untuk tetap menyapa para penumpang tercinta dan berterima kasih karena telah memilih maskapai kami untuk terbang bersama, disini pula para awak kabin akan membantu penumpang yang membutuhkan perhatian lebih; semisal penumpang yang membutuhkan kursi roda, dll
  • Security Check, eittss tugasnya masih juga belum selesai loh, masih ada security check satu lagi yaitu seluruh awak kabin akan kembali menge-check setiap seat apakah ada barang penumpang yang tertinggal, infant belt dan infant life vest yang tadi dipergunakan oleh bayi harus segera diambil dan diletakan ke posisi semula, dan yang paling penting adalah tidak ada barang-barang yang mencurigakan tertinggal di dalam pesawat 



Nah, sekarang jadi udah ada gambaran dong apa saja yang flight attendant lakukan selama baik dari sebelum penerbangan sampai sesudah penerbangan berlangsung? See? we're not just smiling the whole day after all ;). 

Cheers, have a good life fellas! We talk soon and God bless yall :)!

No comments:

Post a Comment